DWI SATRIO

selamat membaca

Senin, 11 Oktober 2010

Biaya memproduksi informasi lebih dari manfaatnya


Memproduksi informasi yang biayanya lebih mahal di bandingkan dengan manfaatnya, suatu manfaat itu relatif bagi semua orang. Suatu informasi hanya bermanfaat jika informasi tersebut bermanfaat bagi orang yang membutuhkan informasi tersebut. Percuma saja jika informasi tersebut biayanya murah bahkan gratis tanpa biaya jika saya tidak membutuhkan informasi tersebut seperti contohnya saya harus melihat jadwal kuliah saya, saya pun harus memakai biaya untuk internet dan ternyata saya salah liat jadwal yang merupakan jadwal kelas lain, akhirnya jadwal itupun tidak merupakan informasi bagi saya.
suatu organisasi bisa saja memproduksi informasi dengan biaya yang mahal daripada manfaatnya, contohnya para ahli geografi sedang meneliti suatu lahan yang ingin di jadikan perumahan mereka bekerja sama dengan pihak yang ingin membangun perumahan, mereka di minta untuk men cek keadaan tanah, keadaan air dan sebagainya.
dan merupakan informasi yang bermanfaat bagi pihak yang ingin membangun perumahan tetapi bagi masayarakat setempat bukan merupakan informasi bahkan tidak bermanfaat dan bisa-bisa malah merugikan. Informasi walau biayanya mahal jika kita sangat membutuhkannya pasti bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar