DWI SATRIO

selamat membaca

Sabtu, 28 April 2012

Berbudaya Dalam Menggunakan Jaringan Komputer


Berbudaya Dalam Menggunakan Jaringan Komputer

                Dewasa ini, perkembangan tekhnologi semakin berkembang pesat diiringi dengan perkembangan zaman yang semakin modern dan serba menganut asas tekhnologi informasi. Globalisasi juga lah yang menyebabkan menyempitnya ruang lingkup hidup manusia yang didasari dari banyaknya macam-macam informasi yang mudah di dapat yang salah satu satunya yaitu keberadaan internet. Internet merupakan sebuah jaringan yang saling menghubungkan satu sama lain diseluruh dunia baik dalam konteks yang komplit maupun sederhana.
                Dalam perkembangannya banyak sekali informasi yang bisa didapat dari internet itu sendiri, terlebih banyak sekali muncul nya social media yang kini sudah beralih fungsi menjadi gaya hidup, bukan hanya sekedar "social media" biasa yang mana dalam penggunaannya dibutuhkan beberapa etika yang harus kita lakukan agar tetap terjaganya privasi dan comfort dari masing-masing pengguna. Bagai 2 sisi mata pisau, internet tidaklah hanya memberi keuntungan kepada kita, tetapi terkadang membawa dampak yang cukup serius. Didalam internet kita mengenal istilah cracking, yang mana sangat-sangat berbahaya sekali bagi banyak kalangan karena membawa dampak yang luar biasa bagi seseorang yang menjadi korban itu sendiri, dan juga didalam internet karena menganut sistem bebas tidak menutup kemungkinan pembajakan akan kekayaan hak intelektual juga akan terjadi disini. Banyak pihak yang dirugikan dan banyak pihak yang merasa "diuntungkan".
Untuk mencegah dampak negatif dari penggunaan internet itu sendiri tidak ada salahnya bagi kita untuk menanamkan sikap menghargai, jujur dan saling mendukung dalam melakukan aktvitas. Terlebih dalam mengutip sebuah materi yang mempunyai hak cipta yang kuat, jangan lupa untuk mengindahkan etika-etika yang ada agar terciptanya sebuah fondasi kokoh dalam mengedepankan prinsip bertanggung jawab.
                Budaya kejujuran harus benar-benar ditegakkan agar tidak terjadi penyelewengan dalam melakukan suatu hal yang dapat merugikan pihak lain , dan juga nantinya akan merugikan sendiri jika kita mengabaikannya.

                Kekayaan intelektual sangatlah tinggi derajatnya yang harus kita hargai dan juga harus kita indahkan agar kedepannya tidak ada lagi segala penyelewengan dalam melakukan suatu aktivitas, baik di dunia maya maupun yang lain agar terciptanya hal yang bermanfaat bagi diri kita dan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar